Selasa, April 23, 2024

Buy now

spot_img

Tingkatkan Layanan untuk Pasien Gangguan Syaraf, RSUD dr. Sayidiman Dilengkapi EMG

- Advertisement -

MAGETAN (Blokjatim.com) – Terus memaksimalkan pelayanan, terutama untuk pasien dengan gangguan syaraf tubuh, RSUD dr. Sayidiman Magetan mempunyai alat baru yakni Elektromiografi (EMG).

Di RSUD dr. Sayidiman, elektromiografi (EMG) ini berada di Poli Syaraf. EMG adalah adalah suatu teknik untuk memeriksa dan merekam aktivitas sinyal otot. EMG dilakukan dengan instrumen bernama elektromiograf, untuk menghasilkan rekaman bernama elektromiogram.

Kemudian, elektromiograf sendiri mendeteksi potensi listrik yang dihasilkan oleh sel otot ketika otot ini aktif dan ketika sedang beristirahat.

Dokter Spesialis Neurologi RSUD dr Sayidiman Magetan, dr.Titian Rakhma, Sp.N, mengatakan, bahwa Elektromiografi (EMG) digunakan untuk memeriksa berbagai pasien dengan keluhan syaraf, seperti kebas, kesemutan, syaraf kejepit, vertigo dan lainya.

“Alat ini untuk diagnosis, jadi kalau kita tau diagnosisnya, kita akan lebih mudah untuk melakukan pengobatan atau terapi,” ujarnya.

Dijelaskan dr.Titian Rakhma, Sp.N, sekitar sebulan ini EMG sudah beroperasi di RSUD dr. Sayidiman. Banyak pasien syaraf yang sudah mendapatkan pemeriksaan dengan berbagai keluhannya, dan yang paling banyak adalah jepitan syaraf di pergelangan tangan pasien.

“Hampir di setiap rumah sakit alat ini ada, dan disini sudah beroperasi sekitar satu bulan karena memang alat yang lama rusak, jadi kita pengadaan yang baru,” imbuhnya.

Untuk mendapatkan pelayanan EMG inipun, dr.Titian Rakhma, Sp.N, juga membeberkan bahwa bisa dilakukan dengan cara umum maupun dengan BPJS Kesehatan, tentunya dengan pelayanan yang sama.

“Kalau secara umum pasien bisa langsung datang ke Poli Neurologi atau syaraf, lalu kita membuat janji untuk pemeriksaan. Kalau dengan BPJS pastinya juga bisa, dengan rujukan faskes pertama kemudian datang ke Rumah Sakit,” tutupnya.(ton/red)

Related Articles

- Advertisement -

Terbaru