Rabu, April 24, 2024

Buy now

spot_img

Gandeng IPNU dan IPPNU, Bakesbangpol Magetan Gelar Edukasi Politik dan FGD Bagi Pemilih Pemula

- Advertisement -

MAGETAN (Blokjatim.com) – Berikan edukasi politik untuk pemuda yang sebagian besar adalah pemilih pemula di Pemilu 2024 mendatang, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Magetan menggelar Sosialisasi Peran Pemuda Dalam Pencegahan Penanganan Konflik Sosial Menjelang Pemilu, Selasa (21/11/2023).

Bertempat di salah satu Restoran di Magetan yang bernama Kopi Koi, kegiatan kali ini mengambil tema cegah tangkal konflik sosial, isi hoax, isu SARA, intoleransi, untuk wujudkan Pemilu 2024 aman, damai dan berkualitas.

Selain itu, ini juga digelar Forum Grup Diskusi (FGD) Merawat Peradaban, Merajut Persatuan dan Kesatuan Serta Kebhinekaan Dalam Bingkai NKRI yang menggandeng Ikatan Pelajar NU (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri NU (IPPNU) Kabupaten Magetan.

“Ini adalah pendidikan politik untuk para pemilih pemula, karena kita tahu untuk pemilih pemula di Magetan ini cukup besar di angka 38 persen,” kata Kepala Bakesbangpol Kabupaten Magetan, Canif Tri Wahyudi, Selasa (21/11/2023).

Dijelaskan Canif, dengan besarnya pemilih pemula dalam Pemilu 2024 mendatang, Bakesbangpol telah melakukan berbagai sosialisasi diberbagai organisasi pemuda yang ada di Magetan.

” Ini bergantian, Pemuda Muhammadiyah sudah ini giliran IPNU dan IPPNU atau Pemuda Nahdlatul Ulama,” imbuhnya.

Dengan adanya sosialisasi dan forum grup diskusi (FGD) ini, Canif berharap, pemuda Magetan juga punya andil yang besar dalam Pemilu 2024 nanti. Sehingga aspirasi masyarakat, khususnya para pemuda bisa tersalurkan dengan baik.

Disamping itu, para pemuda juga tidak mudah terpengaruh dengan adanya faham-faham radikalisme, dimana sebagian besar sasarannya adalah para pemuda.

” Yang pertama, ini juga sebagai pencegahan dini radikalisme, karena kita ketahui banyaknya kasus radikalisme di usia-usia pemula. Kemudian untuk yang kedua kita antisipasi golput pada Pemilu 2024 mendatang,” tutupnya.(ton/red)

Related Articles

- Advertisement -

Terbaru