Selasa, April 23, 2024

Buy now

spot_img

Digelar Sederhana, Ritual Adat Labuhan Sarangan Tetap Berjalan dengan Khidmat

- Advertisement -

MAGETAN (Blokjatim.com) – Wujud syukur atas berkah hasil bumi dan juga berkah adanya Telaga Sarangan, warga Kelurahan Sarangan, Kecamatan Plaosan menggelar acara Labuhan Sarangan, Jumat (16/2/2024).

Acara Labuhan Sarangan ini adalah ritual rutin warga lokal Sarangan, setiap tahun sekali tepatnya pada bulan Ruwah di Jumat Pon pada penanggalan Jawa.

Labuhan sengaja digelar secara sederhana oleh warga Sarangan karena memang masih dalam suasana Pemilu. Namun demikian hal itu juga tidak membuat berkurangnya kesakralan acara dan ke khusyukan doa para warga Sarangan.

“Karena kondisinya masih Pemilu, jadi Tradisi Labuhan Sarangan kita gelar sangat sederhana. Yang hanya diikuti oleh warga Sarangan dan pelaku usaha disekitar Telaga Sarangan,” kata Ketua Panitia Labuhan Sarangan, Sunardi.

Seperti biasa, acara Labuhan Sarangan adalah puncak dari acara bersih desa di Kelurahan Sarangan. Kegiatan dipusatkan di depan Punden Telaga Sarangan. Prosesi diawali dengan penyerahan tumpeng secara simbolis kepada sesepuh desa, kemudian di larung di tengah Telaga Sarangan.

Larung tumpeng di tengah Telaga juga diikuti oleh Penjabat Bupati Magetan, Hergunadi bersama Kepala Disparbud Magetan, OPD terkait, Forkopimca Plaosan dan juga Lurah Sarangan.

“Dengan terus diadakan acara Labuhan Sarangan ini, nama Sarangan akan terus di kenal. Atas nama Pemkab Magetan kami mengucapkan terima kasih khususnya kepada warga lingkungan Sarangan,” kata Pj Bupati Magetan, Hergunadi.

Selain melestarikan adat Labuhan Sarangan, Pj Bupati berharap, semua masyarakat khususnya warga sekitar Telaga Sarangan juga kompak dalam melestarikan dan menjaga lingkungan telaga agar selalu indah nyaman untuk wisatawan.

“Mari bersama kita upayakan untuk terus menjaga kelestarian dan keindahannya, agar Telaga Sarangan dapat menjadi tujuan wisata yang ramah tamu dan banyak di datangi oleh wisatawan,” tutupnya.(ton/*)

Related Articles

- Advertisement -

Terbaru