Rabu, April 24, 2024

Buy now

spot_img

Bazar Inotek Meriahkan Musrenbang Kabupaten Magetan Dalam Rangka Penyusunan RPJPD dan RKPD

- Advertisement -

MAGETAN (Blokjatim.com) – Bazar Inovasi dan Teknologi (Inotek) meriahkan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025-2045 dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten tahun 2025, Kamis (14/03/2024).

Bertempat di Pendopo Surya Graha Magetan, bazar kali ini diikuti beberapa sekolah di Magetan yang menampilkan berbagai karya Inotek, baik berupa makan olahan dan juga produk-produk lain dengan memanfaatkan bahan yang ada lingkungan sekitar.

Beberapa sekolah itu diantaranya SMK YKP, SMA Negeri 1 Maospati, MAN 2 Magetan, SMK Negeri 2 Magetan dan SMK Kartoharjo.
Beberapa produk yang dibuat diantaranya Sabun dari Sirih Cina, Bakso dari bonggol Pisang, Biskuit dari daun kelor dan cangkang telur dan produk lainya.

Uniknya lagi, dalam Musrenbang ini para undangan yang hadir diberikan kupon, yang bisa ditukarkan produk di stand-stand Inotek yang ada.

“Bazar Inotek ini menarik sekali, bisa jadi salah satu bukti dan upaya Pemkab Magetan untuk mendukung karya dan inovasi putra putri darah Magetan, ” kata Arif salah satu undangan Musrenbang dari organisasi masyarakat.

Musrenbang tingkat Kabupaten ini di hadiri oleh Pj Sekda Magetan, Hermawan beserta jajaran Forkopimda, Kepala Bidang Administrasi Pembangunan Bappeda Provinsi Jatim, Sigit Manuntun, OPD di lingkup Magetan, Camat se-kabupaten Magetan, perwakilan Ormas dan lembaga dan beberapa undangan lainnya.

“Musrenbang kali ini ada 2 sekaligus yaitu musrenbang penyusunan RPJPD 2025-2045 dan musrenbang RKPD tahun 2025. Jadi output dari sini penyepakatan artinya semua kalau untuk RPJPD itu yang kesepakatan visi dan misi serta isu strategis. Kemudian kalau yang RKPD itu penyepakatan dari program prioritas tahun 2025 termasuk juga nanti penyepakatan hal-hal apa yang kemarin sudah dibahas sejak dari Musrenbang desa, kecamatan kemudian naik di musrenbang tematik,” kata Elmi Kurniarto, Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Magetan.

Sesuai dengan regulasinya, Elmi menambahkan untuk RPJPD nanti akan menjadi Perda yang telah disepakati bersama dan untuk RKPD akan dilanjutkan menjadi pembahasan dalam KPUPPAS di APBD tahun 2025.

“Tahun 2025 ini masuk dalam tahun strategis karena untuk RPJPD nya menjadi yang pertama dan RKPD nya juga pertama. Jadi ini harus menjadi landasan yang kuat untuk pembangunan jangka menengah di RPJMD nya dan Pembangunan jangka panjang di RPJPD nya. Makanya visi Magetan untuk pembangunan jangka panjangnya itu kan menjadi Magetan kota yang humanis, maju dan berkelanjutan,” imbuh Elmi.

Sementara itu, Pj Sekretaris Daerah Magetan, Herwaman yang menambahkan, bahwa dalam tahun 2025 kedepan Kabupaten Magetan masih fokus untuk pengembangan sektor pariwisata, pengentasan sunting dan pendidikan.

“Prioritasnya seperti tadi dikatakan kita tetap di sektor pariwisata, tetapi kita juga mengembangkan ekonomi disaat Pasca pandemi kan masih masih perlu peningkatan. Selain itu juga stunting, Peningkatan insfratruktur, pendidikan juga masih menjadi salah satu prioritas Magetan,” tandas Hermawan.(ton/*)

Related Articles

- Advertisement -

Terbaru